Kamis, 20 Juni 2013

Sandeq Mandar Wakili Indonesia di Festival Brest, Prancis

Perahu Sandeq Mandar Wakili Indonesia di Festival Brest, Prancis




KABARKAMI. Perahu Nelayan Putih nan ramping, Sandeq dari Mandar, Sulawesi Barat dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang Tonnerres Les spektakuler de Brest Festival 2012 di Bretagne, Prancis. 12 orang pelayar perahu Sandeq bergabung dengan 2500 kapal layar dari seluruh dunia yang diselenggarakan pada tanggal 13-19 Juli 2012. Indonesia adalah salah satu dari lima negara khusus yang diundang dalam perhelatan maritim spektakuler  ini, Negara-negara itu adalah Meksiko, Rusia, Norwegia, Maroko dan Indonesia.
Festival Maritim Brest merupakan perhelatan even maritim terbesar yang diselenggarakan setiap empat tahun di kota yang terkenal dengan pelabuhan militer dan gudang senjatanya ini. Festival Brest mengundang segala macam kerajinan dari armada tradisional, kapal besar dan yacht modern dari seluruh dunia.
Perahu Sandeq merupakan perahu kebanggaan masyarakat mandar, Sulawesi Barat dan menjadi warisan budaya leluhur mereka. Para pelabuh Sandeq terkenal di dunia dengan kegesitan dan kecepatan mereka mengendalikan perahu yang rata-rata memilki panjang 13 meter, lebar 80 cm lebar dan tinggi 1 meter. Nelayan Mandar dari Sulawesi Barat menggunakan perahu ini untuk berburu ikan tuna di Selat Makassar dalam. Dalam cuaca yang baik, perahu ini dapat meluncur dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Setiap tahun perlombaan Sandeq diselenggarakan dari Mamuju di Sulawesi Barat ke Makassar, ibukota Sulawesi Selatan, yang berjarak 300 mil laut dengan waktu tempuh 10 hari.
Adalah seorang bernama Paskal Chelet-Roux, salah satu anggota Komite yang sangat tertarik dengan fitur perahu Sandeq ini ketika ia mengunjungi Mandar tahun lalu dan ia menyatakan bahwa Sandeq merupakan warisan maritim Asia di Brest. Dia kagum bagaimana para nelayan Mandar terus mempertahankan warisan budaya mereka. Dari Paskal inilah, Sandeq menjadi salah satu fitur maritim Indonesia yang diperioritaskan untuk mewakili Indonesia dalam festival Brest, Perancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar